Anda di sini

Di dalam handlebar sepeda ini terpasang GPS sebagai alat bantu navigasi

Mungkin kita sudah biasa mendengar mobil-mobil saat ini memiliki GPS bahkan kini Google telah mengembangkan mobil pintar (smart car) yang bisa berjalan tanpa seorang driver. Jika kita melihat perkembangan industri sepeda sekarang, inovasi memang terus bermunculan namun tidaklah berubah terlalu banyak bila dibandingkan dengan perkembangan dunia otomotif. Namun sebuah perusahaan baru asal Toronto, Canada mencoba membuat sebuah inovasi besar dengan mengintegrasikan ponsel pintar, GPS dan fitness tracking kedalam sebuah sepeda. Mereka mengklaim bahwa sepeda yang mereka buat adalah sepeda pintar pertama di dunia yang terkoneksi dengan teknologi ponsel pintar saat ini. 

Perusahaan bernama Vanhawks ini memperkenalkan sebuah teknologi GPS yang ditanamkan langsung ke dalam handle bar. Untuk menjalankannya, kita terlebih dahulu harus menginstal aplikasi melalui ponsel pintar seperti iOS dan Android kemudian memasukkan lokasi atau tujuan melalui Google Map. Setelah tujuan berhasil diinput, aplikasi ini akan terkoneksi dengan indikator LED yang ada di handle bar yang berfungsi sebagai sistem navigasi mirip seperti lampu sein, yang akan memberitahukan kita apakah harus belok ke kanan atau ke kiri. Kelebihan konsep adalah aman, karena sangat membantu pesepeda untuk tetap fokus ke jalan khususnya ketika sedang dalam situasi lalu lintas yang sangat ramai.

Fitur lain yang juga sangat membantu adalah kemampuan mendeteksi titik buta atau dikenal dengan “Blind spot detection”. Dengan mengintegrasikan “Haptic feedback” pada grip handle bar, akan memberikan peringatan kepada pesepeda jika ada obyek memasuki wilayah blind spot sehingga memastikan kita dalam keadaan aman.

Aplikasi yang terinstal pada ponsel pintar dapat mengukur berapa kalori yang telah terbakar, jarak tempuh, kecepatan, waktu terbaik dan masih banyak fitur lainnya.

Fitur utama lain yang sangat menakjubkan dari sepeda ini adalah “Security sensor” yang berfungsi memberikan informasi lokasi terakhir ketika sepeda ini tercuri dengan cara mengirimkan notifikasi kepada pemiliknya melalui aplikasinya.

Jika dilihat dari sisi ergonomis, sepeda ini memiliki model seperti Fixie, material frame terbuat dari carbon-fiber khusus yang dipasang wireless dan sonar di dalamnya.  

Sepeda ini memiliki dua varian harga yaitu $1.049 USD (single-speed fixed gear) dam $1.199 untuk multi-speed, keduanya akan mulai dikirim ke pembeli pada bulan November. Anda ingin memilikinya? jangan khawatir, VanHawks selaku produsen sepeda ini juga menerima pengiriman internasional hingga Singapura. 

Silakan mengunjungi website resmi Vanhawks di http://www.vanhawks.com/ untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya.



Berita terkait