Anda di sini

Edge 810, evolusi GPS sepeda yang kaya fitur wah dari Garmin

Garmin Edge 810 merupakan GPS sepeda penerus Edge 800 yang telah dirilis dua tahun yang lalu. Desain dan ukurannya hampir sama dengan Edge 800, termasuk tombol power/start dan resolusi layar. Namun, perbedaan signifikan akan terlihat ketika kita mulai mengeksplore fitur yang tertanam di dalamnya, tampilan menu terlihat lebih simpel dan mudah digunakan. Edge 810 dilengkapi dengan software dan hardware terbaru, kini lebih responsive dan cepat dibandingkan pendahulunya. Begitu menghidupkan GPS ini, pada halaman utama/home screen akan muncul pilihan tipe sepeda hingga 10 jenis, mulai dari road, cross country, all mountain, mountain bike dan lain-lain. Kita juga dapat memisahkan antara data statistik training untuk tiap tipe sepeda yang digunakan.

Cara menggunakannya sangat simpel, tinggal pilih tipe sepeda dan Anda sudah bisa melakukan latihan maupun berpetualang. Ketika sudah selesai menggunakan GPS, tinggal tekan tombol Off. Di bagian bawah home screen terdapat tiga ikon menu yaitu folder, map dan setting yang menggantikan menu pendahulunya. Ketika menekan menu folder, akan muncul berbagai kategori seperti course, workout, activities, achievement dan lain sebagainya. Menu map menampilkan peta dan navigasi pada layar. Sedangkan menu setting berisi konfigurasi GPS. Tampilan menu ini mirip dengan smartphone yang beredar sekarang seperti iPhone, Blackberry maupun Android, tentu dengan kelebihan ini akan memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan kecanggihan GPS ini. Satu hal yang sangat disayangkan adalah ukuran resolusi layar yang masih sama dengan pendahulunya. 

Bagaimana dengan konektifitas nya? tidak perlu khawatir, kini dengan koneksi Bluetooth Anda bisa melakukan sinkronisasi data dari GPS Edge 810 ke smartphone. Untuk bisa melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi "Garmin Connect Mobile" di iTunes maupun Google Play. Untuk Blackberry dan Windows Phone, aplikasi ini belum tersedia. Dengan menggunakan aplikasi "Garmin Connect Mobile" ini, kita bisa berbagi trip, latihan maupun petualangan kita melalui social network seperti Facebook dan Twitter. 

Satu hal lagi yang sangat revolusioiner adalah fitur "LiveTrack". Aplikasi ini akan mengirimkan email ke teman atau partner atau Anda bisa berbagi informasi melalui Facebook dan Twitter, sehingga mereka bisa melihat dimana sekarang posisi Anda. Posisi akan terupdate setiap menit di dalam peta. Dengan semakin berkembangnya aplikasi baik di smartphone semakin memudahkan Anda melakukan tracking dan berbagi trip sepeda Anda melalui smartphone. Garmin Edge 810 memiliki ketahanan baterai hingga 17 jam. GPS sepeda ini dibanderol dengan harga 4,8 jutaan. 

Source: http://road.cc/content/news/74077-hands-garmin%E2%80%99s-new-edge-810 



Berita terkait