Anda di sini

Kiat memilih sadel yang nyaman untuk bersepeda MTB maupun road bike

Ada banyak ragam sadel yang di pasaran saat ini. Munculnya ragam sadel ini tidak lepas dari berbagai kenyamanan serta gaya bersepeda. Memilih sadel kadang kala bisa saja menjadikan tantangan tersendiri, karena membutuhkan usaha untuk mencari yang pas yang sesuai kenyamanan Anda. Kenyamanan sadel adalah kunci dalam memilih sadel, dengan sadel yang nyaman, Anda dapat bersepeda lebih lama dan lebih cepat.

Sayangnya, penilaian kenyamanan sadel ini sangat subyektif. Jika Anda menanyakan kolega Anda ke sesama pesepeda mengenai sadel apa yang paling nyaman, maka Anda jawaban mereka bisa jadi sangat beragam. Hal ini tidaklah mengejutkan, karena ketika Anda duduk di atas sepeda, berat seluruh tubuh Anda akan ditopang oleh tulang duduk atau dikenal dengan ischial tuberosities, nah antara satu goweser dengan goweser lain memiliki posisi tulang duduk yang berbeda satu sama lain. Tidak hanya itu, faktor lain yang juga mempengaruhi penilaian kenyaman sadel adalah gaya berkendara dan konfigurasi sepeda itu sendiri, misalnya tingkat kekerasan suspensi belakang, tekanan udara kedua ban, berat sepeda, ketinggian sadel dan lain sebagainya.

Bagaimana membeli sadel baru?

Memilih sadel yang tepat biasanya cenderung membutuhkan proses yang berulang-ulang. Kebanyakan pesepeda yang sudah berpengalaman mencoba beberapa sadel sebelum menentukan mana yang paling pas. Untuk menghindari kesalahan dalam membeli sadel, ada baiknya Anda melakukan observasi apa saja kekurangan sadel yang ada sekarang, misalnya apakah sadel terlalu lebar, pad atau hidung sadel terlalu keras dan sempit.

Jika ternyata sadel yang Anda pakai sekarang kurang nyaman karena berat yang menyebabkan Anda cepat lelah, maka mencari sadel yang bentuknya sama namun lebih ringan bisa Anda dapatkan di toko sepeda dengan variasi harga sesuai dengan budget. 

Setelah Anda selesai melakukan observasi dan membuat daftar kekurangannya, Anda bisa mulai melakukan penyeleksian kandidat sadel yang ingin dibeli. Pertama, Anda mungkin bisa mencoba sadel temen pesepeda Anda atau bisa datang ke toko sepeda sekitar tempat tinggal Anda. Beberapa toko sepeda terkadang ada yang mempersilakan kita mencoba sadel yang terpasang pada sepeda yang dipajang. Beberapa pabrikan sadel memberikan masa 30 hari garansi kenyamanan, silakan mengunjungi toko sepeda atau website resmi pabrikan sadel untuk mendapatkan informasi tersebut.

Ada banyak variasi sadel antara sepeda MTB dengan road bike. sadel MTB umumnya terbuat dari bahan yang lebih kuat, dengan material yang lebih tahan lama dan sadel road bike dibuat sedemikian rupa supaya lebih ringan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih sadel :

Cover/Pembungkus

Kebanyakan sadel modern terbuat dari material sintetik, meskipun ada pembungkus yang terbuat dari kulit asli, namun harga yang ditawarkan relatif lebih mahal. Hal utama yang harus diperhatikan adalah pastikan jahitannya rapi, rapat dan kuat. sadel MTB cenderung mengalami kecelakaan atau crash, oleh karenanya pilihlah sadel yang memiliki cover yang sangat kuat.

Shell

Sadel biasanya dibuat dari campuran plastik untuk agar tidak berat; sebagian besar sadel terbuat dari nylon, ada pula yang dibuat dari 100% carbon. 

Padding

Material padding yang ada di pasaran saat ini terbuat dari Polyurethane foam, yang dicampur dengan gel polymer sehingga pengendara dapat nyaman dalam bersepeda. Padding yang tebal dan empuk tidak selamanya membuat nyaman saat bersepeda; jika padding kita tidak sesuai dengan postur tubuh, maka bukan nyaman yang didapat tapi sakit dan panas. Karena bantalan sadel didesain agar mampu menopang sit-bone; apabila terlalu tebal sangat memungkin area-area lain disekitar sit-bone tekena bantalan sadel yang menyebabkan sakit dan panas.

Rails / dudukan sadel

Rails atau dudukan sadel adalah bagian bawah sadel yang ditempelkan pada seatpost. Dahulu dudukan sadel ini dibuat dari besi baja yang berat kemudian dilapisi dengan chrome; saat ini dudukan sadel dibuat dari carbon yang di lapisi alumunium atau untuk sadel yang mahal biasanya dibuat dari titatium sehingga sadel menjadi lebih ringan dan kuat. Beberapa jenis sadel menggunakan monorail atau system balok sehingga mudah dipasangkan pada seatpost.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah sebelum memilih sadel, ada baiknya Anda melakukan observasi terlebih dahulu, sesuaikan jeni sadel dengan jenis sepeda yang Anda kendarai.
 



Berita terkait

Oops! Konten tidak tersedia