Anda di sini

Shimano merilis groupset teranyar, all new XTR M9000 11 speed

Setelah penantian yang cukup lama, Shimano akhirnya mengumumkan groupset teranyar yang merupakan model premium mereka yang diberi nama XTR 2015. Setelah tiga tahun pengembangan, XTR M9000 kini datang dengan format terbaru 11 speed yang tersedia dalam tiga varian konfigurasi yaitu single, double dan tripple ring. Berikut adalah detil spesifikasi XTR 2015.

Produsen groupset dengan pengalaman lebih dari 22 tahun ini juga memberikan tiga pilihan speed yaitu 1x, 2x dan 3x  untuk memberikan fleksibilitas bagi pengguna nya untuk memilih groupset yang sesuai dengan kebutuhan maupun untuk menjawab trend yang ada sekarang, misalnya saat ini yang sedang rame adalah penggunaan 1x. Mari kita review satu persatu item terbaru mereka.

Chainset

XTR 2015 ini tersedia dalam dua varian chainset yaitu M-9000 untuk race cross country dan M-9020 yang lebih tangguh untuk kegunaan trail. XC race chainset dapat dipasangi chainring hingga maksimal dua chainring. Material gigi yang ada pada chainring XTR ini terbuat dari perpaduan tiga material logam antara lain titanium, carbon dan aluminium dimana teknologi kombinasi ini merupakan teknologi paling mutakhir selama pengembangan sepeda MTB.

Baik pada model M-9000 maupun M-9020 menggunakan Shimano Hollowtech II dengan bottom bracket standar. Berikut konfigurasi chain ring kedua model chainset tersebut:

Pilihan gir

M-9000 XC Race chainset
2x: 34-24T, 36-26T, 38-28T
1x: 30T, 32T, 34T, 36T

M-9020 Trail chainset
3x: 40-30-22T
2x: 34-24T, 36-26T, 38-28T
1x: 30T, 32T, 34T, 36T

Cassette

Shimano hanya menyedia satu pilhan cassette untuk all-new Shimano XTR 11-speed. Untuk rasio gir mengikuti format 11-13-15-17-19-21-24-27-31-35-40. Konstruksi cassette spider terbuat dari bahan carbon fiber sedangkan mounting nya merupakan kombinasi alumunium, baja dan titanium. Casette teranyar ini masih kompatibel dengan semua freehub dari Shimano yang saat ini ada di pasaran.

Chain / rantai

Casette baru berarti chain atau rantai juga ikut baru. Shimano memperkenalkan rantai premium terbaru mereka yang diberi nama CN-HG900-11. Model ini menggunakan HG-X11 dengan desain khusus yang dinamakan symmetric plate dan SIL-TEC surface treatment. Shimano mengklaim ada penurunan friksi hingga 60 % dan 30 % penyempurnaan kemampuan rantai dalam menyingkirkan lumpur.

Rear derailleur / RD

Fitur RD all-new XTR lebih pendek daripada model sebelumnya yaitu Shadow. RD terbaru ini banyak mengalami penyermpurnaan seperti sudut kemiringan komponen yang dapat meningkatkan kestabilan serta kemampuan shifting yang lebih baik. 

Brakes / Rem

Seperti chainset, brakes all-new XTR dibedakan menjadi dua versi yaitu XC Race dan Trail. Untuk versi race, calliper terbuat dari bahan magnesium dan sedangkan untuk lever body berbahan carbon dan titanium. Versi trail 25 % lebih powerful dibandingkan versi race dan menggunakan bahan alloy untuk lever dan carbon sebagai lapisannya. Kedua brake dipasang piston dan pad yang menggunakan teknologi glass fibre phenolic coating. Material ini diklaim dapat meningkatkan kemampuan heat resistance hingga 10%.

Shifter

Shift lever dapat digunakan untuk single maupun multiple shift dalam satu aksi. Shimano juga menggunakan sistem release dua arah, yang artinya memudahkan pengendara untuk mengganti gir dengan menggunakan ibu jari maupun empat jari. Dengan bahan kabel yang terbuat polymer, mampu menghasilkan 20 % reduksi ketika dibandingkan dengan model XTR yang ada sekarang.

Front derailleur / FD

FD all-new XTR 2015 ini memulai debut terbarunya dengan memperkenalkan teknologi yang dikenal dengan nama sideswing. Teknologi ini menawarkan 100 % lebih powerful pada waktu shifting, suara yang sangat halus 15mm lebih tyre clearance dibandingkan XTR versi sebelumnya.

Wheelset

Shimano akan memproduksi wheelset terbaru XTR MTB secara kesuluruhan untuk ukuran 27.5 dan 29”. Material yang digunakan pada rim menggunakan teknologi laminasi carbon serta pengurangan berat bearing dan sistem axle. 
 



Berita terkait