Anda di sini

Durasi : 1/2 hari
GPS : Tidak tersedia
Rating :

Hari Sabtu, 24 Agustus sahabat saya Mendez dan komunitas SMF (Salak Mountain Freeriding) mengajak mencoba trip sepeda XC/AM di daerah Pinus, Tajur Halang, Gunung Salak. Sebenarnya sudah lebih dari tiga kali saya kesana, namun Mereka manjanjikan bahwa ada jalur baru yang belum pernah saya lewati sebelumnya.

Sekitar pukul 7 pagi saya berangkat dari Darmaga, Bogor menuju lapangan Sakura, Ciapus dengan jarak tempuh 10,40 km ditempuh dengan waktu 50 menit. Sesampai di sana ternyata sudah berkumpul 6 orang, hingga pukul 9 pagi personil yang ikut sudah mencapai 11 orang, dengan menyewa mobil pickup kita berangkat menuju titik awal trek sepeda yaitu di patung Elang.

Untuk menuju ke atas, dari Patung Elang, saya harus menuntun sepeda menaiki bukit kurang lebih 500 m, luar biasa panas pada saat itu karena matahari sangat terik. Namun saya yakin semua itu terbayar begitu turun dari atas bukit. Hutan yang saya lewati sebagian merupakan Hutan Pinus yang adem. Jalur sepeda ini sebenarnya sudah banyak dikenal oleh komunitas sepeda baik di wilayah Bogor, Sukabumi, maupun Jakarta. Hanya saja mungkin karena sudah sangat jarang yang ke sana lagi, jalur ini tidak begitu terawat, beruntung ada komunitas SMF yang gawangi James, ketua SMF menggerakkan anggotanya untuk ikut merawat jalur ini dengan menambahkan karung dan membersihkan jalur sehingga nyaman dilewati sepeda. Beberapa kali kita harus menuntun sepeda karena permukaan tanah yang sangat miring yang tidak memungkinkan untuk digowes.

Dengan menggunakan Endomondo, panjang trip yang dilewati adalah 7 km dari titik kumpul, dengan maksimum altitude adalah 1.091 m dan waktu tempuh kurang lebih 5 jam dari pukul 10 hingga pukul 3 sore. Cuaca pada waktu sangat terik, karena memang sedang musim kemarau. Jalur ini sangat menantang dengan turunan dari sedang hingga terjal.  Persentasi antara hutan dan sawah mungkin sekitar 80% : 20%. Saya juga melewati pemukiman penduduk, dengan anak-anak kecil yang terlihat sangat antusias melihat rombongan sepeda.

Pukul tiga sore sampailah kita di Orchard Walk, Bogor Nirwana Residence, di sini kita berpisah dengan peserta lainnya, sedangkan saya memutuskan untuk mampir ke rumah Mendez di daerah BNR, untuk sekedar istirahat dan menyiapkan diri untuk kembali ke Darmaga setelah Magrib tiba. Overall, saya sangat puas dengan acara sepedaan kali ini. Saran saya untuk Anda yang ingin mencoba jalur ini, berangkat lebih pagi supaya tidak panas, siapkan bekal makanan dan minuman secukupnya, bawa P3K, bawa bike tookit, pompa dan ban cadangan. Berada di hutan kadang menyulitkan untuk mendapatkan akses pertolongan pertama.