Anda di sini

Ulin ka wewengkon adat Kasepuhan Citorek-Situs Cibedug-Nyalindung (perbatasan Baduy)

Tanggal : 5 April 2014
Kota : Cibeber Lebak, Banten
Jarak : 33 km
Kategori : MTB
Level : Advanced
Durasi : 1 hari
GPS : Tidak tersedia
Rating :
0

Kasepuhan adalah sebutan yang dikenakan kepada desa yang masih erat memegang adat istiadat Sunda. Citorek adalah satu diantaranya. Terpasung di lembah kaki Gunung Kendeng, Citorek sungguh terlihat paradoks, di sela-sela kemakmuran desa terpencil ini, nampak rumah-rumah mewah, mobil-mobil double cab, bahkan di desa yang jauh terpencil ini terdapat satu toko swalayan waralaba yang terkenal; di Citorek dijejali ratusan leuit (lumbung padi khas Sunda) di sela-sela rumah.

DI CItorek juga terdapat satu situs punden berundak dan batu menhir yang terkenal dengan sebutan Situs CIbedug, terletak di puncak bukit di dusun Cibedug, rumah-rumah di Cibedug mengingatkan rumah di Baduy, tersusun di atas umpak dan semua terbuat dari kayu.

Jika ke Cibedug harus melewati jalan setapak berbatu yang menjulang, untuk keluar dari Cibedug berupa jalan setapak tanah yang menukik tajam sampai ke kp Jambrut. DI sini terdapat 3 tanjakan menjulang dari batuan makadam untuk sampai Ciara. Dari Ciara menuju Nyalindung, benar-benar dibuat takjub dengan kelokan tanjakan yang benar-benar dahsyat dan panjang, tak ada habisnya, tiap kali turunan selalu berpasangan dengan tanjakan.

Kp Nyalindung adalah kampung yang berbatasan dengan desa Kanekes di kawasan Baduy yang ditandai dengan jembatan yang menggelantung di atas sungai Cidikit.

Tidak ada pengandaian yang pas untukmenyampaikan keindahan,keunikan, dan kedahsyatan trip Citorek ini, hanya sedikit yang terwakili oleh foto-foto, selebihnya harus dilakukan dengan mencoba sendiri trek ini.

Tag : Citorek, Lebak, Banten

Oops! Konten tidak tersedia

Oops! Konten tidak tersedia



Trip terkait